Tentang Gaya dan Pola Hidup. Jangan lupa share dan comment ! Selamat membaca.

MANFAAT TEMPE

MANFAAT TEMPE BAGI KESEHATAN

Tempe


StyleYourLife - Pada kesempatan kali ini saya akan menguraikan tentang makanan Indonesia yang bermutu tinggi tapi murah harganya. Tempe adalah makanan yang digemari oleh orang Indonesia, makanan fermentasi yang terbuat dari kedelai ini ternyata memiliki banyak keunggulan, disamping membuat perut kenyang ternyata Tempe juga bisa bikin awet muda, lansing, banyak protein, bahkan bisa untuk mengeluarkan kolestrol, penasaran bagaimana Tempe bisa seperti itu? Lansung saja kita simak ulasannya.


Tempe bikin awet muda

Banyak penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi tempe yang bagus setiap harinya akan membuat seseorang awet muda(minimal 100 gram setiap hari). Tempe mengandung isoflavon,Isoflavon pada tempe yang aktif sebagai antioksidan, yaitu 6,7,4′-trihidroksi isoflavon,terbukti berpotensi sebagai anti-kontriksi pembuluh darah pada konsentrasi 5µg/ml dan juga berpotensi menghambat pembentukan LDL. Dengan demikian isoflavon dapat mengurangi terjadinya arteriosclerosis pada pembuluh darah (Jha, 1985).Dalam buku "Longevity Through The Organic Lifestyle", yang ditulis oleh Henry Chang, dan diterbitkan tahun 1999 menjelaskan bahwa Tempe termasuk salah satu makanan untuk awet muda, sangat baik dikonsumsi oleh siapa saja, terutama yang sudah berusia lanjut.


Tempe bikin lansing

Kadar karbohidrat tempe relatif rendah, sekitar 9,4 persen, dan tidak mengandung gula. Selain itu dalam 100 gram tempe hanya terdapat 157 kalori, relatif rendah jika dibandingkan dengan makanan lain. Dengan demikian tempe merupakan makanan yang cocok bagi penderita diabetes, orang yang diet kalori rendah atau yang ingin langsing.

Tempe mengeluarkan kolesterol

Ternyata kandungan lemak yang terkandung dalam Tempe cukup tinggi, yaitu 6,8 gram lemak dalam 100 gram tempe segar. Namun anda jangan takut dulu, tempe memiliki keunikan, yaitu menghasilkan enzim lipase, yang mampu menguraikan lemak menjadi asam lemak esensial seperti linolenat, linoleat dan oleat. Asam lemak ini merupakan komponen membrane sel dam molekul sumber energi. Asam lemak linolenat dan linoleat dikenal sebagai asam lemak omega-3 dan omega-6. Peranan omega-3 antara lain dapat mengurangi risiko penyumbatan arteri koronaria akibat agregasi trombosit, menjaga kelenturan dinding arteri, meningkatkan HDL (high density lipoprotein, merupakan pembersih kolesterol dari dinding arteri dan membawa kembali ke hati, di mana kolesterol akan dipecah dan dikeluarkan, HDL dikenal sebagai "kolesterol baik"), dan memperlancar sirkulasi darah.

Tempe banyak protein

Tempe memiliki kandungan portein yang cukup tinggi, dalam 100 gram tempe segar terkandung protein 10,9 gram protein. Kebutuhan protein orang dewasa, untuk pria 56 gram per hari dan wanita 46 gram per hari. Jadi dengan mengkonsumsikan tempe 100 gram per hari 20-25 persen kebutuhan protein sudah terpenuhi. Protein asal tempe yang dapat diserap dan dimanfaatkan tubuh mencapai 56 persen.
Bagaimana? Anda tertarik untuk makan tempe setiap hari?. Masih banyak manfaat dari tempe atau makanan makanan lain yang sering kita konsumsi, dilain kesempatan akan saya uraikan lagi, terimakasih enellowers.

Tag : Health
0 Komentar untuk "MANFAAT TEMPE"

Back To Top